Jumat, 26 Oktober 2012

KPU Sumedang Akan Menghitung Bersamaan Berkas Calon Independen

Sesuai dengan agenda dan jadwal tahapan penyelenggaraan Pemilihan Bupati (Pilbup) dan Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2013, KPU Sumedang hanya menyediakan waktu selama lima hari untuk penyerahan berkas dukungan yaitu mulai Senin (1/10/2012) hingga Jumat (5/10/2012). Meski waktunya relatif singkat, namun KPU akan mengoptimalkan kinerjanya untuk menghitung seluruh berkas dari bakal calon perseorangan yang diserahkan ke KPU. Salah satunya yaitu dengan cara menghitung secara bersamaan jika ada dua berkas yang yang diserahkan ke KPU pada hari atau waktu yang sama. “KPU Sumedang akan menghitung secara bersamaan jika ada dua berkas yang diserahkan pada hari atau jam yang sama atau hampir bersamaan. Untuk itu, KPU sudah membagi tim dan menyiapkan tugas-tugas tim tersebut,” kata Anggota KPU Sumedang Divisi Pencalonan Rika Kusdinar, Selasa (2/10/2012).

Dia memberikan contoh, jika pada hari yang sama ada dua balon perseorangan, tentunya yang akan pertama diterima KPU adalah balon yang datang di waktu yang lebih awal. Setelah penerimaan berkas secara formal oleh komisioner, maka berkas langsung dihitung oleh tim verifikasi sementara komisioner menerima balon yang kedua. Selesai penerimaan formal dilakukan, berkas pun langsung dihitung oleh tim verifikasi yang lainnya yang tidak sedang menghitung. Jadi tidak harus menunggu penghitungan dukungan balon yang pertama selesai, baru dilanjutkan ke penghitungan balon ke dua. “Jadi semuanya dilakukan diupayakan secara cepat, namun tetap akurat, benar, dan tepat,” kata tandas Rika. Hal ini dilakukan KPU untuk memberi waktu kepada balon perseorangan jika ada kekurangan dukungan yang harus segera diperbaiki.

Sementara itu, kata Rika, penyerahan berkas dukungan berikut dengan perbaikan jumlah dukungan dilakukan selama lima hari mulai tanggal 1 sampai dengan 5 Oktober 2012 pukul 24.00. “Jadi memang penyerahan berkas itu harus sesegera mungkin agar masih cukup waktu untuk memperbaikinya bilama ada yang harus diperbaiki,” kata Rika

Sumber : m.inilah.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar