Selasa, 27 November 2012

Tiga Parpol Tak Lolos Verifikasi Faktual


KOTA – Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumedang Divisi Hukum dan Data, dan Pengarah Verifikasi Partai Politik, Hersa Santosa mengatakan, dari 14 partai yang diverifikasi, tiga partai politik tak lolos setelah dilakukan verifikasi faktual oleh KPU Kabupaten Sumedang.
“Berdasarkan hasil verifikasi secara faktual yang dilakukan KPU. Dari  14 parpol yang diverifikasi sebanyak 11 parpol lolos,” kata Hersa pada Sumedang Ekspres, di kantor KPU Sumedang, Senin (26/11/2012).

Meski demikian menurut Hersa, ketiga parpol yang tak lolos verifikasi factual tersebut yakin, Partai Persatuan Nasional (PPN), Partai Kedaulatan Bangsa Indonesia Baru (PKBIB), dan Partai Peduli Rakyat Nasional (PPRN) masih diberikan kesempatan untuk melakukan perbaikan.
“PPRN harus segera melakukan perpanjangan domisili untuk sekretariat. Sebab, status domisili sekretariat-nya telah habis. Tak itu saja, itu sifatnya segera untuk  diperpanjang, minimal hingga akhir 2014 nanti,” ujar Hersa.
Selain itu PPRN pun harus kembali mengulang verifikasi keanggotaan PPRN. Hal yang sama juga terjadi di PKBIB. “Keanggotaan Parpol untuk PKBIB dan PPRN masih belum memenuhi syarat minimal sepuluh persen dari seribu anggota.  KPU Sumedang akan memberikansuratuntuk perbaikan ulang dengan melakukan pengacakan ulang dari 1000 anggota,” imbuh Hersa.
Untuk mempercepat proses verifikasi, KPU Sumedang meminta tiga parpol yang bersangkutan untuk mendatangkan anggota parpol yang tak bisa ditemui oleh tim verifikasi. “Ketiga parpol tersebut memilih untuk verifikasi ulang, karena meskipun didatangkan syarat minimal anggota parpol tetap masih kurang dari 100 anggota dari hasil verifikasi factual,” tambahnya.
Perbaikan dilakukan mulai Selasa, 27 November, hingga 3 Desember mendatang, sedang verifikasi lapangan dilakukan pada 4 Desember hingga 17 Desember.
Sumber : Sumedangonline

Tidak ada komentar:

Posting Komentar